Boyolali dikenal sebagai desa wisata kerajinan tembaga kuningan di Indonesia. Tepatnya di Desa Tumang, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Desa Tumang terletak di antara lereng gunung merapi dan merbabu. Pada daerah tersebut, walau dipengunungan namun menyimpan potensi yang sangat besar. Baik dari segi industrinya, karya seninya, hingga ekonomi. Kerajinan tembaga Boyolali sangat berpotensi mengembangkan sumber daya manusia dan alamnya.

Sebagian besar dari warga Boyolali berprofesi sebagai pengrajin tembaga dan kuningan. Produk mereka selalu menarik pasar manca negara seperti Eropa dan Amerika. Oleh sebab itu, desa ini dikenal sebagai desa wisata kerajinan tembaga dan kuningan. Karena mayoritas warganya menjadi pengrajin maka banyak produk yang dihasilkan. Penasaran apa saja produk kerajinan tembaga dan kuningan di Boyolali? Simak ulasannya disini.

Sejarah Perkembangan Kerajinan Tembaga dan Kuningan Boyolali

Boyolali merupakan kota yang menyimpan beragam kerajinan yang kini semakin berkembang pesat. Selain memiliki potensi tinggi dalam membuat kerajinan tembaga dan kuningan yang terkenal dimana saja, di kota Boyolali juga bermunculan gallery kerajinan yang berkembang dan telah ada sejak tahun 1990an. Awalnya seluruh pengrajin tembaga Boyolali hanya menghasilkan berbagai jenis kerajinan berupa alat-alat rumah tangga yang berbahan baku kuningan dan tembaga.

Seiring berkembangan zaman, para pengrajin mulai berani membuka gallery kerajinan seni ukir tembaga yang tidak hanya menyediakan peralatan rumah tangga. Para pengrajin membuat kerajinan tembaga berupa kaligrafi, vase bunga, guci, lampu duduk, lampu gantung, lampu dinding dan berbagai jenis kerajinan tembaga lainnya. Maka tidak heran jika Boyolali menjadi pusat perkumpulan pengrajin tembaga dan kuningan yang berkualitas. Pengrajin dapat merubah bahan tembaga dan kuningan menjadi kerajinan atau barang yang memiliki nilai seni dan nilai jual yang tinggi.

Akses Ke Kota Wisata Kerajinan Tembaga Boyolali

Jalur yang harus ditempuh untuk bisa sampai ke Desa Tumang untuk meinikamti wisata kerajinan tembaga mudah walau harus berganti transportasi. Jika kamu dari kota Solo, maka bisa naik bis jurusan Boyolali atau Semarang. Setelah sampai di Boyolali, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan naik bus mikro jurusan Cepogo. Dari sana kamu naik ojek ke Desa Tumang. Bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi maka lebih mudah, hanya tinggal mengikuti petunjuk arah hingga sampai Desa Tumang. Jika telah memasuki kawasan tersebut maka akan terlihat berbagai pusat kerajinan dan pengrajin tembaga Tumang Cepogo Boyolali.

Produk Kerajinan Tembaga dan Kuningan Boyolali

Kerajinan tembaga Tumang di Boyolali menjadi penopang ekonomi masyarakat dan desa Tumang. Dikenal sebagi sentra kerajinan tembaga dan kuningan, industri hulu hilir dimana proses bahan baku, pemasaran, pengelolaan limbah sampai sumber daya manusianya menjadi satu kesatuan yang kuat. Hal yang menakjubkan bahwa di Boyolali mengolah barang rongsok atau limbah industri dari sisa-sisa bahan yang bisa dibuat kerajinan dengan nilai jual yang mampu bersaing. Berikut adalah produk-produk yang dihasilkan oleh pengrajin tembaga di Boyolali.

  • Artwork tembaga dan kuningan

Artwork tembaga dan kuningan dengan berbagai bentuk, model, dan ukuran yang beragam merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin mempercantik ruangan, kantor, restoran hingga hotel. Dipadukan dengan berbagai hiasan lain yang ada di ruangan tersebut, dapat menjadi satu kepaduan yang sempurna sehingga membuat ruangan menjadi benar-benar hidup dan cantik. Untuk mendapatkan artwork ini kamu bisa memesan sendiri model dan ukuran yang diinginkan, maka pengrajin akan memberikan estimasi dana dan menghasilkan barang yang berkualitas.

  • Kubah masjid

Kubah masjid adalah simbol umum pada bangunan-bangunan masjid modern. Seriring berjalannya waktu, kubah masjid akhirnya menjadi bagian yang pokok dari bangunan masjid. Kubah masjid dari tembaga atau kuningan bisa dijadikan pilihan untuk menambah keindahn dan kemegahan suatu masjid. Bentuk dan ukirannya juga bisa disesuaikan keinginan sehingga menambah nuansa islami yang kental. Kubah masjid dengan bahan baku tembaga memiliki kelebihan dibanding dengan kubah yang dibuat dengan bahan baku lain. Karena tembaga lebih tahan terhadap perubahan suhu dan cuaca serta tahap terhadap korosi atau karat.

  • Kaligrafi

Kerajinan kaligrafi adalah seni menulis indah yang menjadi budaya islam. Pada umumnya kaligrafi diambil dari hadist, surat al-quran, lafadz Allah dan Muhammad SAW, asmaul husna, ayat kursi, atau nama-nama dalam sejarah islam. Sering dijadikan hiasan dinding dalam ruangan bagi pecinta seni islam dan tentu di masjid-masjid. Kaligragi bisa terbuat dari bahan material kuningan maupun tembaga. Keduanya diminati oleh pecinta budaya islam. Salah satu keunggulannya juga kaligrafi akan lebih kuat terhadap perubahan suhu dan lebih awet.

  • Chafing dish

Chafing dish lebih dikenal sebagai pemanas makan. Berfungsi sebagai tempat menyajikan makanan, biasa digunakan dalam usaha catering, hotel, restoran ataupun pada acara-cara besar. Chafing dish menyuguhkan aneka hidangan untuk tamu-tamu yang ada. Selain sebagai tempat atau wadah hidangan, chafting dish berguna untuk menjaga masakan agar tetap hangat sehingga akan tetap lezat ketika disantap. Bahan yang digunakan dalam membuat ini adalah tembaga, alumunium dan kuningan. Tersedia dengan berbagai hiasan seperti ukiran menarik, bunga, dedaunan dan lainnya. Kemampuan dalam menjaga masakan juga sangat baik, selain itu juga menjaga makanan bebas dari debu dan kotoran yang menjadi keuntungan lain menggunakan chafing dish.

  • Lampu gantung

Lampu gantung mempunyai fungsi untuk memberikan penerangan yang maksimal sehingga bisa mendapatkan kesan luas pada ruangan dan menambah keindahan ruangan. Berbagai model dan gaya juga tersedia, mulai dari antik, klasik, hingga minimalis. Bahan yang digunakan biasa tembaga dan kuningan. Sebelum memilih lampu sebaiknya kamu juga perhatikan luas ruangan yang akan dipasang lampu agar nantinya dekorasi ruangan menjadi lebih megah dan indah.

  • Patung

Kerajinan tembaga Boyolali selanjutnya ada patung. Patung merupakan karya seni 3 dimensi yang memiliki tujuan pembuatan tersendiri. Misalnya seperti patung religi, patung monumen, patung arsitektur, patung seni, hingga patung dekorasi. Patung harus dibuat dari bahan yang berkualitas dan tahan lama karena biasanya patung dipasang dalam jangka waktu yang lama. Bahan-bahan yang digunakan bisanya kuningan, perunggu, tembaga, granit, perak hingga batu emas. Bahan-bahan tersebut tahan dalam jangka waktu yang lama, selain itu perawatannya juga tidak memerlukan perlakuan khusus.

  • Lonceng gereja

Lonceng gereja mempunyai fungsi sebagai tanda waktu bagi para jemaat pergi ke gereja. Baik dalam acara pernikahan, pemakaman dan layanan-layanan lainnya. Biasanya akan dibunyikan dalam sebuah perayaan dan sebagai bentuk rasa syukur. Lonceng dipasang dimenara gereja yang tinggi agar suara yang dihasilkan dapat menyebar sehingga dapat didengar oleh masyarakat sekitar. Oleh sebab itu bahan yang digunakan juga perlu diperhatikan. Lonceng yang barkualitas biasanya terbuat dari bahan kuningan dan perunggu.

Itulah informasi mengenai berbagai produk kerajinan tembaga Boyolali yang  berkualitas. Kamu bisa lebih banyak menemukan beragam kerajinan lainnya jika berkunjung ke desa Tumang.