Tahukah kamu jika seni patung menjadi seni 3 dimensi buatan manusia yang memiliki nilai keindahan yang tinggi? Dahulu patung dibuat hanya untuk memenuhi kebutuhan batin manusia, seperti berdoa dan menyembah dewa. Seiring berkembangan zaman seni patung berkembang menjadi kerajinan yang memiliki nilai estetik dan dapat dinikmati keindahannya. Patung tergolong sebagai karya 3 dimensi yang bisa dinikmati dari segala arah. Biasanya patung kerajinan terbuat dari bahan baku tembaga atau kuningan.

Kerajinan patung telah banyak menghasilkan produk-produk yang indah. Jenis kerajinan patung ada dua macam, yaitu kerajinan relief dan patung 3 dimensi. Mungkin kamu akan bingung membedakan mana patung yang sesuai dengan kebutuhan dan selera mu. Simak penjelasan mengenai jenis patung dan contoh karyanya di bawah ini.

Patung Relief

Relief merupakan kerajinan tembaga dan kuningan yang berbentuk tempelan dinding. Relief lebih dikenal dengan lukisan 3 dimensi namun berbeda dengan kaligrafi dan sejenisnya karena relief langsung menempel ke permukaan dinding. Relief berbeda dengan bentuk dan pembentukannya pahat dan ditempa. Biasanya patung kerajinan relief menggunakan bahan baku kuningan atau tembaga dan desain atau tema pahatan akan disesuaikan dengan keinginan pemesan.

Tahap finishing dari kerajinan tembaga kuningan ini menggunakan bahan khusus. Untuk finishing logam kuningan maupun tembaga yang akan membuat warnanya natural bukan seperti cat dan tentu akan membuat warna dari kerajinan tersebut awet dan memiliki nilai seni tinggi. Kerajinan relief biasanya menggambarkan ajaran kehidupan seperti yang ada pada dinding Candi Borobudur yang menggambarkan kehidupan budha dan ajarannya. Sebagai pengrajin kerajinan tembaga dan kuningan, Satuma Kraf kini melayani pemesanan kerajinan relief sesuai keinginan. Mulai dari gambar, ukiran, tema, hingga ukuran.

Patung 3 Dimensi

Kerajinan patung 3 dimensi adalah patung yang independen dan berdiri sendiri serta dapat dilihat dari berbagai arah. Biasa terbuat dari material tembaga atau kuningan. Banyak berbagai macam kerajinan patung yang dihasilkan karena pandangan orang terhadap patung memang luas dan unik. Dengan kata lain bahwa keinginan setiap orang terhadap patung kerajinan beragam, sehingga muncul berbagai macam hasil kerajinan patung. Berikut beberapa produk patung 3 dimensi yang sering kita temui.

  1. Patung manusia

Kerajinan patung tembaga atau kuningan yang sangat sering kita temui adalah patung manusia. Patung tembaga bisa dikatan sebagai produk yang memiliki nilai harga paling tinggi. Hal tersebut dikarenakan tingkat kesulitannya juga tinggi, memerlukan pengalaman, keahlian, dan waktu yang lama. Selain menggunakan material tembaga dan kuningan patung manusia juga bisa menggunakan bahan besi dan alumunium, akan tetapi kualitas terbaiknya menggunakan bahan tembaga.

Patung manusia yang biasa kita temui adalah patung pahlawan yang terkadang dipajang dimuseum atau monumen-monumen tertentu untuk mengenang jasa mereka. Harga pembuatan patung juga biasanya bervariasi tergantung pada besar, kecil, bahan, serta kesulitannya. Kini telah banyak pengrajin tembaga dan kuningan yang menerima pesanan dengan hanya mengirimkan gambar atau foto hitam putih maupun berwarna atau juga mengirimkan replica patungnya pada pengrajin.

  1. Patung setengah badan

Selanjutnya ada patung setengah badan yang bisa kamu temui. Patung 3 dimensi ini biasa menonjolkan kerajinan dengan sentuhan tangan dan tidak melibatkan mesin untuk mendapatkan patung yang bernilai seni tinggi. Untuk membuat patung ini biasanya pengrajin akan mencari secara mendetail agar membuatnya semirip mungkin dengan aslinya dan memiliki nilai seni yang tinggi. Dalam proses pembuatannya biasanya kerajinan patung akan dibuat dengan proses kenteng atau dipalu, tidak menggunakan proses cetakan. Kemudian untuk waktu pengerjaannya bisa mencapai 1 hingga 2 bulan per unitnya.

  1. Patung hewan dan tumbuhan

Contoh patung kerajinan 3 dimensi lainnya adalah patung dengan bentuk hewan dan tumbuhan. Bahan yang digunakan juga bervariasi, dari tembaga, kuningan, dan alumunium. Biasanya patung tumbuhan dijadikan sebagai penghias ruangan dengan konsep klasik yang membuat interior ruangan menjadi lebih mewah. Contohnya beruapa patung buah-buahan, misalnya apel, salak, anggur dan lainnya.

Selanjutnya untuk patung hewan yang biasa ditemui seperti macan kumbang, kuda, gajah, ikan, kuning dan lainnya. Untuk ukurannya juga tergantung pada pesanan. Sebaiknya sebelum memesan juga konsultasikan terlebih dahulu patung tersebut akan diletakan di dalam atau di luar ruangan agar pengrajin memberikan saran yang terbaik.

  1. Lambang Garuda Pancasila

Lambang garuda pancasila masuk kedalam patung 3 dimensi. Satume Kraf menawarkan kerajinan lambang garuda pancasila dalam berbagai bentuk dan ukuran, dari kecil hingga besar. Jika ukuran kecil biasanya dipasang di luar ruangan, sebaliknya jika besar biasanya dipajang di luar ruangan seperti di museum kepahlawanan. Untuk membuat lambang ini bahan yang diperlukan berupa tembaga atau kuningan. Kerajinan tembaga kuningan ini biasa dipesan oleh lembaga pemerintahan.

Teknik Membuat Patung

Patung merupakan karya seni yang memerlukan keterampilan dan keahlian tinggi. Bahan yang berkualitas tidak cukup untuk memberikan hasil yang sempurna karena teknik pembuatan patung juga harus diperhatikan. Dalam proses pembuatannya ada beberapa tenik yang biasa digunakan dalam membuat patung kerajinan. Berikut penjelasannya.

  • Teknik cor

Teknik cor biasa digunakan pada proses pembuatan patung dengan bahan dasar logam. Pembuat diawali dengan memanaskan logam terlebih dahulu. Tunggu hingga logam mencair lalu tuangkan dalam cetakan patung yang telah dibentuk sesuai yang diinginkan.

  • Teknik butsir

Butsir sendiri adalah salah satu teknik pembuatan patung dengan cara mengurangi bahan lunak. Seperti bahan dari tahan liat, gips malam, hingga bahan yang berstruktur lunak lainnya sehingga tercipta kerajinan patung yang memiliki nilai estetika tinggi.

  • Teknik modeling

Teknik modeling dikenal dengan teknik yang membuat patung dengan cara membuat model terlebih dahulu. Setelah model selesai maka selanjutnya dibentuklah patung yang sebenarnya.

  • Teknik merakit

Teknik merakit mirip dengan permainan puzzle. Artinya teknik ini dibuat dengan cara merakit bahan dasar patung terlebih dahulu kemudian merangkainya sampai jadi bentuk patung yang utuh.

  • Teknik membentuk

Teknik selanjutnya yaitu membentuk. Teknik ini digunakan dalam membuat patung dengan cara membentuk patung secara bertahap hingga patung yang diinginkan selesai dibuat. Teknik membentuk membutuhkan ketelitian dari senimannya, namun kualitas patung yang diperoleh akan lebih bagus. Hal itu karena menggunakan ketelitian dan perasaan dalam membentuknya.

  • Teknik pahat

Terakhir ada teknik pahat. Teknik pahat biasa dilakukan pada proses pembuatan dengan bahan dasar yang keras. Seperti tulang, kayu, batu granit, tembaga, kuningan, dan bahan dasar yang berstruktur keras lainnya. Dalam proses pembuatan kerajinan menggunakan teknik pahat caranya yaitu dengan mengurangi bagian-bagian pada bahan dasar hingga patung yang diinginkan.

Kini kamu telah mengetahui berbagai macam patung kerajinan. Setiap patung memiliki keunikan dan daya tarik masing-masing. Semoga bermanfaat.