Tidak ada orang yang tidak menyukai keindahan. Keindahan yang dimaksud dalam bentuk apapun, pemandangan maupun hasil kerajinan. Keindahan juga kiranya datang di setiap tempat termasuk Masjid. Membangun masjid yang megah mungkin cita-cita anda, namun gunakan replika pintu masjid nabawi sebagai bagian pintunya. Sehingga masjid nampak lebih indah dan mengingatkan akan Tanah Suci Mekah.

Setiap ornamen yang ada di Masjid sangat penting diperhatikan. Namun bagian pintu adalah bagian utama karena menjadi tempat masuk dan keluarnya setiap umat yang akan beribadah. Tidak menutup kemungkinan, dengan pintu nabawi dibagian depan akan membuat umat semakin rajin melakukan ibadah berjamaah. Belum mengenal tentang pintu yang dimaksud? Inilah penjelasan lengkapnya.

Mengenal Pintu Masjid Nabawi

Bagi anda yang belum mengetahui tentang Masjid ini, penting menambah pengetahuan terkaitnya disini. Masjid Nabawi merupakan masjid yang dibangun oleh Muhammad SAW. Menurut informasi, Masjid ini merupakan Masjid kedua, karena sebelumnya telah dibangun Masjid Quba. Masjid Nabawi sendiri dibangun sejak Muhammad tiba di Madinah.

Saat tiba disana, Nabi berhenti dan melihat sebuah sebuah tempat penjemuran kurma. Tempat ini merupakan milk keluarga Amr. Kemudian tempat ini dibeli Nabi dan dibangunlah sebuah Masjid dan tempat kediamannya. Hingga saat ini, Pintu Masjid Nabawi telah berjumlah 41 buah dan dilengkapi dengan 10 menara.

Keunikan salah satu pintu tersebut adalah terdapat tulisan secara bahasa Arab, “Muhammad Rasulullah Sallallahu ‘alahi wassalam.” Selain itu juga terdapat tulisan lain yang berisi firman Allah yaitu Masuklah ke dalamnya dengan aman dan sentosa. Keduanya akan mengingatkan bahwa masjid ini peninggalan Nabi dan siapa yang masuk ke dalamnya akan merasa aman dan sentosa.

Replika Pintu Masjid Nabawi

Keindahan yang tidak main-main dan memiliki sisi religius tersendiri, membuat banyak orang menginginkan pintu masjid ini. Bahkan terdapat beberapa orang yang ingin memilikinya di rumah. Tapi hingga saat ini, belum ada yang menjalankannya untuk di rumah. Dan penerapannya lebih banyak di tempatkan di Masjid, utamanya dibagian pintu utama Masjid.

Mungkin anda bertanya, mengapa dinamakan replika pintu masjid Nabawi? Karena dibuat dengan model yang dibuat dari Pintu di Masjid Nabawi. Nantinya pintu masjid akan dibuat seindah mungkin dan mirip dengan desain yang di Masjid Nabawi. Karena merupakan hasil duplikat, karenanya kerajinan ini diberi nama replika pintu masjid.

Kebanyakan pengrajin, akan membuat pintu ini dengan bahan kayu. Namun saat ini telah banyak perubahan yang terjadi dan dilakukan pengrajin. Salah satunya memberikan sentuhan tembaga ataupun kuningan. Sentuhan inilah yang nantinya memberikan kesan unik dan indah pada pintu. Saat memilikinya, bahkan dianggap dapat meningkatkan religiusitas orang yang datang ke masjid tersebut.

Pola-pola yang ditambahkan pada pintu ini adalah pola yang sama dengan di Masjid Nabawi. Pola inilah yang nantinya membuat pintu akan semakin indah. Pola dibuat melingkar, sehingga tepat berada dibagian tengah pintu. Sedangkan dibagian atas dan bawahnya akan dilengkapi tembaga dan kuningan yang pekat. Karenanya, pintu ini semakin indah dan menark perhatian dari semua orang yang datang.

Kelebihan Penggunaan Replika Pintu Masjid Nabawi

Inilah beberapa kelebihan dan alasan mengapa beberapa masjid menggunakan replika pintu ini sebagai pilihan. Penjelasan lebih jelasnya, akan disampaikan dibagian berikut ini

  1. Menambahkan Kesan Religius

Untuk yang sering melihat pintu ini tentunya sudah terbiasa. Namun berbeda untuk mereka yang belum pernah mendatangi Masjid Nabawi. Rasanya ingin segera datangi masjid untuk beribadah dan melihat pintu nan cantik tersebut. Terlebih tepat dibagian atas pintu terdapat tulisan masuklah kedalamnya dengan sentosa dan aman.

  1. Nyaman

Setiap masjid yang ada pastinya dibangun dengan kesan tersendiri. Namun satu yang pasti, sebuah masjid harus nyaman agar jamaah dapat ibadah dengan lebih khusyuk. Termasuk menggunakan pintu yang indah, agar umat tertarik untuk beribadah tepat waktunya. Selain pintu, gunakan pula ornamen lain untuk memperindah masjid anda.

  1. Mempercantik

Alasan utama dari penggunaan pintu ini adalah masjid yang indah. Tidak ada orang yang tidak menyukai masjid yang indah. Terlebih saat pintu masjid nabawi madinah menjadi bagian utama dari masjid tersebut. Perasaan bangga dan memiliki akan muncul saat masjid tersebut ada disekitar rumah. Serta, kebersihannya akan lebih terjaga karena setiap umat merasa memilikinya.

  1. Lebih Murah

Saat anda menggunakan replika pintu masjid dengan bahan tembaga dan kuningan maka dana yang dihabiskan tidak akan terlalu besar. Walaupun demikian, kerajinan ini akan tetap indah dan memberikan kesan tersendiri. Pahatannya pun cukup detail bahkan dapat ditambahkan sesuai dengan kebutuhan masjid anda, termasuk disesuaikan dengan ukuran pintu.

Dimana Pengrajin Pintu Nabawi Terbaik?

Berminat dengan pintu ini? Sebaiknya anda memilih tempat pembuatan pintu terbaik. Dalam hal ini agar pintu dapat digunakan dalam waktu panjang dan setiap detailnya cukup mirip dengan pintu asli. Jika membutuhkannya, pilihlah pengrajin di Satuma-Kraf. Pengrajin disini memiliki banyak pilihan pintu nabawi yang pernah dibuat. Jadi, dapat dijadikan sebagai referensi untuk pintu yang diinginkan.

Pengrajin telah terbiasa bersentuhan dengan tembaga dan kuningan. Karenanya, nantinya setiap produk akan lebih indah dan detailnya sama seperti pintu yang diharapkan. Namun jika tidak suka, anda dapat menyampaikan model pintu yang akan dibangun dan ukuran yang diinginkan. Nantinya pengrajin akan membuat sesuai desain yang diinginkan dan bahkan dibuat dengan lebih indah.

Berapa Harga Produk Ini?

Selain masalah di mana, mungkin anda bertanya-tanya berapakah harga produk ini? Sebenarnya harga produk ini tidak terlalu mahal. Tapi, semuanya didasarkan pada penggunaan bahan pada pintu. Pada dasarnya akan digunakan kayu sebagai bahan dasarnya. Sementara itu pada bagian detail dan ukiran akan digunakan tembaga atau kuningan.

Pembeda harga akan terletak pada kayu jenis apa yang akan digunakan. Jika pemilihan diletakkan pada kayu jati, maka harga dari pintu ini jelas lebih mahal. Tapi, saat anda memilih kayu lain, ada kemungkinan harga produk ini akan lebih murah. Tapi sekali lagi, disesuaikan dengan tingkat detailing dan finishing yang akan digunakan pada pintu. Semakin banyak kebutuhan, maka akan semakin mahal harganya.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah ukuran yang akan digunakan. Saat memilih ukuran yang cukup besar, ada baiknya perhatikan kembali bahan yang digunakan. Karena semakin besar ukuran yang digunakan akan semakin mahal dana yang harus dibayarkan. Hal ini juga berlaku sebaliknya, dimana ukuran semakin kecil akan semakin murah dana yang dibayarkan.

Simpulan

Perlu diingat bahwa saat beribadah, bukan untuk melihat bagus tidaknya ornamen pada masjid, seperti pintu masjid nabawi atau lainnya. Namun khusyukan ibadah hanya untuk Tuhan dan memohon pada-Nya atas semua yang diinginkan. Sedangkan bagian lain, biarlah menjadi penambah keindahan dari rumah Tuhan semata.