Masjid adalah tempat beribadah yang sering didatangi oleh para jamaah. Setiap lima kali dalam sehari atau lebih jamaah akan mendatanginya. Karenanya, kebersihan dan keindahan masjid harus selalu terjaga, agar jamaah merasa nyaman saat mendatanginya. Salah satu bagian yang juga harus diperhatikan adalah bagian pintu masjid. Sehingga dapat menguggah jamaah untuk datang setiap saat.

Masjid yang nyaman tidak selamanya harus dibangun dengan megah. Namun dibangun dengan tujuan untuk beribadah dan sederhana serta tetap nyaman. Maka masjid ini akan didatangi oleh banyak jamaah untuk berbagai kegiatan. Ingin memberikan model pintu masjid yang nyaman untuk masjid yang sedang dibangun? Sebaiknya pilihlah dari beberapa rekomendasi di bawah ini.

Pilihan Pintu Masjid Menarik dan Sederhana

Dari banyaknya pintu masjid yang tersedia di pasaran, pilihan inilah yang banyak digunakan di masjid-masjid modern. Manakah yang cocok untuk masjid disekitar anda? berikut ulasannya,

  1. Pintu Masjid Ukir

Banyak yang menjadikan pintu kayu sebagai pilihan pintu untuk masjid. Tapi, tidak hanya dengan motif polos. Kini muncul pintu masjid dengan model ukir. Model inilah yang nyaman digunakan, sehingga memberikan kesan megah dan elagan. Namun tetap dengan harga yang terjangkau dan kualitas terbaik.

  1. Pintu Masjid Geser

Berikutnya terdapat pilihan dengan pintu geser. Bahan utama dari pintu ini adalah alumunium dengan sistem geser. Pilihan ini cocok untuk masjid yang menggunakan pendingin ruangan, sehingga udara nantinya tidak keluar. Serta, dapat memudahkan jamaah pula agar tidak kesulitan dan kebingungan saat masuk maupun keluar.

  1. Replika Pintu Masjid Madinah

Terdapat beberapa masjid yang terinspirasi dengan masjid-masjid yang dibangun oleh Nabi. Pintu ini nantinya memiliki desain yang sama, sehingga membangun kesan seolah sedang di Arab. Satu kelebihan pintu ini adalah membangun semangat jamaah untuk beribadah. Karena merasa sedang di Tanah Suci, model yang dapat dipilih adalah model pintu Madinah.

  1. Pintu Nabawi

Berikutnya adalah pintu masjid Nabawi. Pada pintu nantinya ditambahkan ornamen-ornamen unik seperti ukiran dan beberapa tambahan lainnya. Bahan baku utamanya tetap kayu, tapi pada bagian-bagian tertentu akan ditambahkan ukiran dari kuningan dan tembaga. Pengrajin akan membuatnya sedetail mungkin , menyerupai pintu yang ada di Masjid Nabawi.

  1. Pintu Minimalis

Pilihan ini cocok untuk masjid yang dibangun tidak terlalu besar namun nyaman digunakan. Biasanya akan digunakan kaca pada bagian pintu, sehingga memberikan kesan luas pada ruangan masjid. Pilihan warna yang tersedia untuk pintu minimalis ini sangat beragam, bahkan jika dibutuhkan dapat diberikan sentuhan kuningan dan tembaga tambahan pada pintu.

  1. Replika Pintu Masjid Agung

Beberapa masjid agung di Indonesia, didesain dengan khusus, sehingga memiliki keindahan luar biasa. Karenanya desain pintu masjid tersebut kini banyak dijadikan contoh untuk beberapa masjid modern. Tidak ada salahnya untuk menggunakan desain tersebut, asalkan dana yang dimilikki mencukupi dan mendapatkan pengrajin yang mampu membuatnya.

  1. Pintu Tembaga

Inilah pilihan unik untuk sebuah pintu rumah maupun masjid. Di mana, nantinya pintu dibuat dengan tembaga setelah sebelumnya dibuat dengan kayu. Sentuhan-sentuhan tembaga dapat dimasukkan untuk membuat pintu lebih indah. Selain itu, nantinya pintu dapat dibuat sesuai dengan ukiran yang diinginkan, contohnya ayat pendek yang ingin ditampilkan di atas pintu.

  1. Pintu Kuningan

Selain tembaga, kuningan juga dapat digunakan untuk memperindah bagian pintu. Sama seperti penggunaan tembaga, nantinya kuningan dimanfaatkan untuk detail-datail yang diinginkan klien. Setiap pembuatannya menggunakan bahan baku yang terbaik, sehingga nantinya pintu dapat digunakan dalam waktu lama.

  1. Pintu Kubah

Pintu kubah yang dimaksud pada bagian ini adalah pintu yang pada bagian sisinya terlihat biasa. Namun dibagian atas, akan nampak setengah lingkatan. Karenanya dinamakan sebagai pintu kubah. Saat memilih pintu ini sebagai pilihan, usahakan konsep yang dibangun memang serupa. Sehingga tidak perlu sulit merubah konsep, jika memang terjadi kesalahan pembelian.

Jadi, pintu manakah yang ada pilih? Pilihlah yang dirasa tidak berlebihan dan tetap memberikan kenyamanan. Kini waktunya menentukan, apakah pintu tembaga dan kuningan layak digunakan dan apakah kelebihannya?

Pintu Masjid Tembaga dan Kuningan

Saat ini telah banyak masjid yang menggunakan pintu tembaga dan kuningan sebagai pilihan. Alasannya karena pintu masjid dengan tembaga dan kuningan, memiliki harga yang lebih murah. Namun masalah kualitas, tetap terbukti baik dan dapat digunakan dalam waktu yang cukup panjang. Jika dibandingkan dengan pintu lain, tentunya pintu ini cocok dijadikan pilihan karena harganya yang cukup murah.

Pintu masjid tembaga maupun kuningan juga tidak kalah mewah dengan pintu masjid bertahtakan emas. Karena beberapa model pintu masjid Nabawi dapat dibuat dengan indah. Untuk itu, jika tertarik, ada baiknya mencari pengrajin yang mampu membuatnya dengan maksimal. Jadi, akan didapatkan pintu yang indah dan memberikan kesan bersih serta nyaman untuk setiap jamaah yang hadir.

Pilihan Ornamen pada Pintu Masjid

Sudah menentukan untuk menggunakan pintu tembaga dan kuningan untuk masjid? Anda dapat menambahkan beberapa ornamen pada pintu tersebut. Beberapa diantaranya akan dijelaskan disini,

  1. Kaca

Pernahkah anda melihat kaca sebagai ornamen pada pintu masjid? Jika pernah, biasanya kaca ini tidak akan dibuat polos. Namun ditambahkan beberapa kaca berwarna-warni dan tidak tembus pandang. Kaca ini berfungsi untuk menjaga privasi setiap umat yang sedang beribadah. Jadi ibadah akan tetap khusyuk walaupun ada orang yang masuk dan keluar.

  1. Ukiran

Seperti yang disampaikan sebelumnya, bagian lain yang dapat ditambahkan adalah ukiran. Ukiran yang dapat ditambahkan, dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Biasanya akan diberikan tambahan ukiran ayat pendek pada pintu. Atau ada pula yang memasukkan Asma Allah di bagian atas pintu, semuanya tergantung kebutuhan dan keinginan pemesan.

  1. Pegangan Pintu

Anda juga dapat menambahkan pegangan pintu dibagian tengah pintu. Pegangan nantinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan konsep yang dibangun. Tujuannya agar penggunaan ornamen pintu masjid ini tidak melenceng jauh dari konsep pintu yang dibangun. Perhatikan pula warna yang akan digunakan, agar tidak berbeda jauh dari pintu yang dipasang.

  1. Artistik Lainnya

Satu lagi pilihan ornamen yang dapat digunakan dapat disesuaikan dengan keinginan anda. Pengrajin akan membuatkannya sesuai dengan desain yang diberikan. Tambahan detail dengan tembaga atau tidak dapat disesuaikan kemudian. Tapi masalah harga, harus diperhatikan jangan berlebihan, agar nantinya tidak menjadi center dari masjid tersebut dan lupa untuk beribadah.

Tujuan utama pembangunan masjid adalah untuk menyediakan tempat beribadah. Penting memang untuk menjaga dan membuat kenyamanan masjid, agar banyak jamaah yang hadir. Namun, dalam pembuatan pintu masjid disarankan tidak berlebihan. Cukup buat sederhana dengan bantuan pengrajin kuningan dan tembaga dari Boyolali, setelahnya dapatkan produk pintu terbaiknya.