Setelah membicarakan tentang pintu pada masjid, perhatian lain harus jatuh pada bagian lampu. Lampu adalah bagian penting dalam ruangan, karena tanpa lampu nantinya ruangan menjadi gelap gulita. Hal ini pun penting, karena waktu ibadah di Masjid tidak hanya dilakukan siang hari. Karenanya lampu masjid menjadi bagian penting yang harus diperhatikan secara seksama.

Ketersediaan jenis lampu di Indonesia, saat ini sangat beragam. Namun tidak semuanya cocok untuk dijadikan lampu sebagai penerangan di masjid. Untuk itu, anda harus pandai-pandai memilih lampu gantung masjid mana yang cocok digunakan. Karenanya, dalam kesempatan ini akan disampaikan beberapa cara untuk memilih lampu yang tepat untuk masjid.

Tips Memilih Lampu Masjid dengan Mudah

Anda yang akan memilih lampu untuk masjid, penting untuk mengikuti beberapa tips ini. Karena tips ini dapat membantu untuk memilih dengan lebih cepat. Berikut ulasannya,

  • Fungsi Lampu

Pertama hal yang harus dipertimbangkan apakah lampu ini digunakan untuk mempercantik atau untuk penerangan. Karena nantinya jenis lampu yang digunakan untuk fungsi tertentu akan berbeda. Jadi, hal yang harus diketahui sebelumnya adalah fungsi dari lampu yang akan digunakan. Sehingga kebutuhan dari masjid dapat terpenuhi secara maksimal.

  • Besar Ruangan

Berikutnya yang harus dipertimbangkan adalah besar ruangan masjid. Dalam hal ini, jika ruangan memiliki ruang yang besar, anda dapat memilih lampu rombyong sebagai pilihan. Karena nantinya lampu akan menjalar hingga ke bawah dengan berbagai ornamen didalamnya. Nantinya kesan yang diberikan adalah kesan mewah dan elegan.

  • Harga Produk

Setelah memperhatikan kedua hal diatas, anda harus mempertimbangkan harga produk. Karena beberapa produk dengan detail berbeda memiliki harga yang cukup mahal. Jika dana yang dimilikki terbatas, sebaiknya pilihlah lampu yang sederhana. Namun dapat disesuaikan dengan kebutuhan pencahayaan masjid.

  • Pengrajin Terbaik

Bagian selanjutnya adalah memilih pengrajin yang dapat memberikan produk dengan kualitas terbaik. Caranya dengan menentukan beberapa pelanggan yang telah menggunakan jasa lampu kuningan dan tembaga. Jika pelanggan merasa puas, gunakanlah jasa tersebut sebagai jasa pembuat lampu masjid yang dibutuhkan. Karena kualitasnya sudah pasti mumpuni.

  • Model dan Konsep

Terakhir anda harus menentukan model dan konsep yang akan digunakan. Konsep dan model yang tersedia untuk lampu sangatlah beragam. Terdapat konsep modern maupun konsep tradisonal. Pilihlah salah satunya, agar sesuai dengan kebutuhan dan konsep yang dibangun di masjid. Jika kesulitan, kunjungilah web Satuma-kraf untuk melihat beberapa rekomendasi.

Jika telah menjalankan tips ini, sudah pasti anda akan mendapatkan lampu dengan pilihan terbaik. Namun, saat masih kebingungan dengan penggunaan lampu ini, akan dijelaskan informasi terkaitnya dibagian berikutnya.

3 Jenis Lampu untuk Masjid dan Fungsinya

Berikut ini merupakan beberapa pilihan lampu untuk masjid sesuai dengan fungsinya. Jadi, anda tidak akan kebingungan lagi saat menentukannya sesuai kebutuhan. Berikut ulasannya,

  • Lampu Gantung Hias

Lampu yang sering dipesan oleh pelanggan adalah lampu gantung hias. Biasanya lampu ini diletakkan di tengah ruangan maupun di pintu masuk. Jenis lampu ini sangat beragam, desainnya pun berbeda-beda. Namun dari semuanya itu, yang menarik adalah lampu gantung kuningan. Karena memiliki warna yang cerah dan memberikan kesan mewah.

  • Lampu Stand Masjid

Saat ruangan masjid memiliki banyak ruangan yang kosong, ada baiknya tambahkan lampu stand di sana. Lampu ini akan berfungsi sebagai pengisi space yang cukup ruang. Saat menggunakannya, tidak ada lagi ruang yang gelap dan tidak nyaman didatangi. Untuk itu, pilihlah lampu stand yang sesuai konsep di masjid.

  • Lampu Dinding untuk Masjid

Satu lagi jenis lampu yang dapat digunakan adalah lampu dinding. Nantinya setiap lampu akan berada di dinding masjid. Tujuannya agar mempecantik pilar yang ada disekeliling masjid. Serta, memberikan kesan lebih indah pada setiap ruangan masjid. Untuk model lampu dinding, anda dapat membuatnya sesuai dengan kebutuhan atau desain yang dibuat sendiri.

Anda dapat menggunakan setiap jenis lampu ini di masjid. Atau dapat pula memilih salah satu atau dua sebagai pelengkap di masjid. Tapi ingat, tidak perlu berlebihan agar kekhusyukan selama beribadah tetap terjaga.

Pilihan Model Lampu Masjid

Dan inilah beberapa pilihan model lampu yang dapat dijadikan sebagai pilihan. Beberapa diantaranya memiliki konsep unik, jadi cocok untuk masjid dengan konsep berbeda. Penjelasannya, ada dibawah ini

  • Arsitektur Masjid Cina

Saat melihat konsep masjid dengan arsitektur Cina, mungkin anda bertanya tentang lampu yang dapat digunakan. Lampu yang dapat digunakan tentunya lampu dengan konsep Cina, seperti penggunaan warna merah dan tambahan lainnya. Tidak perlu khawatir, karena pengrajin kami dapat membuatnya lebih indah dan maksimal.

  • Konsep Jawa

Bila membangun rumah dengan konsep tradisional, seperti rumah Jawa maka pilihlah lampu yang mendukung konsep tersebut. Lampu yang dimaksud adalah penggunaan lampu gantung atau rombyong. Nantinya kesan yang diberikan adalah megah dan elegan, karena bahan baku pembuatan lampu ini adalah tembaga maupun kuningan.

  • Arsitektur Arab

Tidak hanya pintu yang kerap menjadi model, arsitektur lampu dari Masjid di Arab juga banyak ditiru. Namun sentuhan yang digunakan tentunya berbeda, seperti bahan baku yang digunakan adalah tembaga ataupun kuningan. Walaupun demikian, kualitas dan detail yang diberi tidak akan main-main, selama anda memilih tempat yang tepat dan berkualitas.

  • Arsitektur Romawi

Saat ingin memiliki masjid dengan konsep yang berbeda, anda dapat menirunya melalui arsitektur romawi. Lampu yang nantinya dihasilkan adalah lampu berkelas dengan desain yang unik. Semuanya dapat disesuaikan dengan penyedia kerajinan lampu gantung dan dana yang dimilikki. Jika semuanya sudah tersedia, pilihlah model yang akan digunakan di masjid.

  • Lampu Kuningan

Berikutnya adalah pilihan lampu dengan bahan kuningan dan tembaga. Tersedia banyak konsep dan arsitektur yang dapat dijadikan pilihan. Bahkan, konsep-konsep yang telah dijelaskan di atas, dapat dijadikan sebagai referensi saat membuat lampu untuk masjid. Lampu kuningan juga dapat dijadikan sebagai lampu dinding yang berfungsi untuk menerangi pilar.

  • Lampu Tembaga

Terakhir adalah lampu dengan bahan tembaga. Lampu jenis ini baisanya dibuat dengan lampu gantung atau rombyong. Kesan yang diberikan adalah kesan berkelas dan mewah, bentuknya pun akan seperti bertingkat dengan beberapa ornamen tambahan lainnya. Saat memilih lampu ini, biasanya lampu akan digunakan untuk memberikan penerangan untuk seluruh ruangan.

Pilihan model lainnya, dapat anda temukan di website Satuma-kraf. Di sana terdapat beberapa gambar terkait lampu gantung dan lampu masjid lainnya. Beberapa gambar ini pula yang dapat dijadikan rekomendasi untuk masjid di sekitar rumah. Bila tidak suka dengan desain yang ada, tidak ada salahnya membuat desain sendiri agar sesuai dengan kebutuhan.