Dalam memilih produk kerajinan, kebanyakan orang melakukan pemilihan berdasarkan brand. Karena kehadiran brand dianggap akan memberikan produk terbaik, namun nyatanya, tidak demikian. Karena banyak produk homemade yang memiliki kualitas yang baik. Salah satunya, lampu gantung unik hasil karya dari pengrajin tembaga dan kuningan di Boyolali.

Bila dibandingkan dengan pengrajin di daerah lain, pengrajin Boyolali memilih bahan baku terbaik untuk lampu yang dibuatnya. Sehingga produk yang dibuat adalah produk terbaik yang dapat dipakai dalam jangka waktu panjang. Masih kebingungan untuk menentukan lampu gantung kuningan dengan kualitas terbaik? Ikuti beberapa tips dibawah ini dan dapat produk terbaik untuk rumah anda.

Tips Memilih Kerajinan Lampu Gantung Unik

Saat kebingungan memilih produk yang akan digunakan, sebenarnya anda hanya memerlukan rekomendasi dan tips. Tips yang dimaksud, akan disampaikan dibawah ini

  1. Langit-Langit Rumah

Hal yang harus diperhitungkan pertama adalah langit-langit rumah. Jika langit-langit cukup tinggi, anda dapat menggunakan lampu gantung yang menjuntai panjang. Namun, saat tidak sebaiknya pertimbangkan kembali untuk menggunakan lampu gantung. Karena nantinya dapat merusak keindahan dan memakan banyak ruang dalam ruangan.

  1. Gaya Interior

Berikutnya perhatikan pula gaya interior yang dibangun. Dalam hal ini perhatikanlah gaya interior sebelum anda memilih lampu gantung yang akan digunakan. Karena hingga saat ini, tersedia banyak model lampu gantung yang dapat disesuaikan dengan gaya interior. Jika tidak ada yang cocok, tidak ada salahnya untuk membuat desain sendiri di pengrajin lampu kuningan.

  1. Pilih Model

Setelah memiliki gaya interior dan konsep yang dibangun, waktunya menentukan pilihan lampu. Lampu yang tersedia dapat berbentuk bulat, kotak hingga lampion. Anda dapat memilih lampu dengan konsep warna-warni atau klasik. Biasanya pemilihan akan disesuaikan dengan keadaan rumah atau tema ruangan dari peletakkan lampu tersebut.

  1. Posisi Lampu

Pada dasarnya keberadaan lampu dalam sebuah ruangan adalah memberikan penerangan. Untuk itu, setiap pemilik rumah harus mengetahui, dimanakah lampu ini akan diletakkan. Tidak perlu khawatir, karena lampu gantung unik juga dapat diletakkan di luar rumah. Selama, konsep dalam ruangan tersebut sejalan dengan model lampu yang dipilih.

  1. Sejalan dengan Desain Perabot Rumah

Saat anda memilih konsep kap pada perabotan rumah, usahakan memilih lampu yang memiliki konsep sama. Membangun konsep yang sejalan, penting adanya, sehingga rumah nampak lebih indah. Tapi, jika anda membangun konsep unik dengan mencampurkan konsep-konsep berbeda didalamnya, tidak ada salahnya untuk mencoba lampu gantung berbeda di rumah.

Satu hal lain yang perlu dipertimbangkan, yaitu masalah harga. Jika harga terlalu mahal ada baiknya mencari produk yang sesuai dengan dana. Tidak lagi masalah konsep, tapi dana menjadi bagian yang penting.

Model Lampu Gantung di Pasaran

Terdapat beberapa model lampu yang disukai di beberapa tahun belakangan. Tidak hanya mewah, penggunaan lampu gantung disukai karena indah dan unik. Dan inilah beberapa model yang disukai,

  1. Model Antik

Model antik sangat cocok untuk anda yang suka rumah dengan konsep tradisional. Pemilihan lampu yang tepat tentunya lampu gantung tembaga. Lampu jenis ini tentunya menarik dan memiliki kesan yang indah. Walaupun tradisional, kesan yang turut ditampilkan adalah kesan mewah. Jadi, tetap memberikan kesan modern walau dengan sentuhan tradisional.

  1. Model Minimalis

Rumah-rumah yang hadir saat ini adalah rumah minimalis. Karena luas tanah yang dimilikkinya tidak terlalu besar. Lampu model minimalis disukai karena tidak terlalu banyak memakan ruang. Karenanya, banyak diminati oleh banyak pemilik rumah. Harganya pun tidak terlalu mahal dan modelnya juga sangat beragam.

  1. Model Kontemporer

Pilihan model berikutnya adalah model kontemporer. Beberapa contoh model kontemporer adalah model kap, model sangkar burung dan model cangkir. Setiap model tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk itu, perlu diketahui model apakah yang tepat untuk digunakan di rumah dan ruangan. Karena setiap ruangan memiliki ruang tersendiri.

  1. Model Kristal

Model yang satu ini adalah model yang disukai oleh para orang berdasi. Salah satunya karena model ini memberikan kesan mewah dan berkelas. Karenanya, model ini banyak diletakkan di ruang tamu maupun lobby hotel. Tidak tanggung-tanggung, desain ini dapat dibuat dengan beberapa tingkat, sehingga semakin megah dan berkelas.

  1. Tembaga

Tidak kalah berkelas dengan model-model sebelumnya, model ini kini banyak disukai. Alasannya, karena tidak terlalu mahal namun memiliki kualitas yang sama berkelasnya dengan model lain. Menariknya, lampu dengan bahan tembaga dapat dibuat sesuai dengan desain yang anda buat. Bahkan, jika terdapat ukiran yang ingin ditambahkan, cukup sampaikan ke pengrajin.

  1. Kerajinan Lampu Gantung Kuningan

Setelah berhasil dengan kuningan, kini pengrajin beralih dan membuat lampu gantung dengan bahan kuningan. Nantinya hasil yang ditampilkan tidak akan kalah baik dengan desain lampu gantung lainnya. Pengrajin tembaga dan kuningan Boyolali tidak akan membuatnya secara sembarangan. Bahkan, kualitasnya sudah diakui hingga ke mancanegara.

  1. Custom

Saat anda tidak menyukai model-model di atas, tidak ada salahnya untuk membuat lampu gantung dengan desain sendiri. Namun tidak semua pengrajin dapat melakukannya. Karenanya agar tidak kebingungan, sebaiknya pilihlah tempat pengrajin kuningan Boyolali sebagai tempat membelinya. Karena kualitasnya tidak dapat diragukan dan harganya cukup miring.

Dimanakah Lampu Gantung Dapat Diletakkan?

Tidak semua tempat dapat diletakkan lampu gantung. Untuk itu, penting memahami, tempat-tempat mana saja yang cocok menggunakan lampu gantung. Inilah beberapa tempat yang dimaksud,

  1. Ruang Makan

Tempat terbaik untuk meletakkan lampu gantung pertama adalah ruang makan. Namun untuk ruang makan, tidak membutuhkan lampu gantung yang berlebihan. Pilihlah lampu gantung modern dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari permukaan meja. Jika memungkinkan, pilihlah lampu gantung yang panjangnya tidak lebih dari ukuran meja yang dimilikki.

  1. Ruang Tamu

Saat anda menjadikan ruang tamu sebagai center dari rumah, sebaiknya letakkan lampu gantung di sana. Pilihlah lampu gantung yang berbeda dengan desain yang menarik dan unik. Contohnya, gunakan lampu gantung tembaga dengan beberapa tingkatan. Cahaya yang muncul akan lebih indah dan siap mengisi setiap benda di ruang tamu dengan lebih gemerlap.

  1. Kamar Tidur

Satu lagi tempat yang dapat menggunakan lampu gantung adalah kamar tidur. Tidak perlu yang terlalu besar, namun buatlah senyaman mungkin. Contohnya, gunakan desain klasik dengan bahan kuningan. Desain ini akan semakin indah, saat ruangan memiliki konsep yang sama. Pastikan pencahayaan tidak berlebihan, agar tetap nyaman digunakan saat sedang tertidur.

Jika peletakkan dan model sudah ditemukan, sudahkah menemukan pengrajin yang akan membuatnya? Saat anda kebingungan, hubungilah satuma-kraf. Karena kerajinan lampu gantung uniknya telah terkenal dengan kualitas terbaik. Satu yang menarik, klien dapat membuat desain sesuai dengan harapan, termasuk ukiran-ukiran yang ingin dibuat di lampu.