Kerajinan tembaga menjadi produk yang banyak dicari sebagai ornamen gedung atau ruangan. Di Indonesia kerajinan ini telah menjadi produk lokal yang mendunia. Pasar dagang kerajinan ini juga sangat menjanjikan, mulai dari pasar lokal di kota besar hingga menembus pasar ekspor ke mancanegara. Kini marak pengrajin tembaga yang dapat memproduksi kerajinan dengan berbagai keunikan dan keunggulan tersendiri. Mulanya industri ini dimulai dari memproduksi barang kecil-kecilan. Seperti, perkakas dapur dengan desain seadanya.

Sering berjalannya waktu pengrajin tembaga mulai berkembang dan berinovasi. Kerajinan tembaga kini diproduksi sebagai barang interior ruangan yang menjadi hiasan dengan desain yang menarik. Mulai dari lampu hias, vas bunga, tempat lilin, cermin cantik, hingga kubah masjid dan patung. Bahkan sekarang banyak pusat kerajinan atau galeri-galeri yang menerima pesanan konsumen. Kamu bisa memesan kerajinan dari tembaga dengan hanya memberikan desainnya saja, nantinya barang akan dibuatkan sesuai dengan keinginan kamu. Tertarik untuk memilikinya? Penasaran bagaimana proses pembuatan kerajinan dan produk tembaga yang berkualitas hingga tips pemasangannya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Proses Pembuatan Kerajinan Tembaga

Kerajinan tembaga Indonesia memang telah menghasilkan produk berkualitas yang mendunia. Telah banyak pengrajin dan industri yang bergerak dalam jasa pemesanan kerajinan kuningan dan tembaga. Boyolali menjadi kota yang menghasilkan kerajinan dari tembaga yang telah terkenal di seluruh Indonesia bahkan dunia. Produk kerajinan tembaga Boyolali yang dihasilkan berkualitas tinggi dan selalu memunculkan inovasi-inovasi desain terbarunya. Sehingga penjualan kerajinan selalu mengalami perluasan dan pengembangan.

Dalam proses pembuatannya memang bervariasi. Umumnya pada tahapan awal lepengan tembaga atau kuningan dipotong sesuai pola yang telah dibuat sebelum nantinya dibakar. Setiap lempengan akan melewati empat tahap proses pembakaran. Satu kali pembakaran hanya membutuhkan waktu 5 menit. Setelah itu masuk kedalam proses pengelasan untuk menyambungkan lepengan sesuai pola. Pada tahap inilah bentuk kerajinan mulai terlihat. Tahap terakhir ada proses hias. Proses akan mengolah bentuk awal yang dipotong sedemikian rupa yang disesuaikan dengan desain yang diinginkan sebelum memasuki proses finishing.

Produk Kerajinan Tembaga

Di Indonesia telah banyak berdiri pusat kerajinan tembaga yang mempunyai desain menarik dan produk-produk yang kualitas. Salah satunya adalah Satuma Kraf yang memproduksi berbagai macam kerajinan tembaga. Berikut beberapa diantaranya.

  1. Kerajinan Lambang Burung Garuda

Produk kerajinan tembaga pertama ada lambang burung garuda. Barang ini diminati oleh banyak instansi pemerintahan dan pendidikan. Untuk kerajinan burung garuda ini sepenuhnya terbuat dari tembaga. Bahan yang dipilih juga berkualitas agar produk yang dihasilkan awet dan tahan lama. Proses pengerjaannya juga dilakukan dengan teliti lalu untuk tahap finalnya akan diberi lapisan coating untuk menjaga barang tetap mengkilap dan awet. Jika kamu ingin memesan barang ini, kamu juga bisa memilih bahannya sendiri. Mau dari tembaga atau kuningan, harganya juga akan menyesuaikan sesuai pesanan kamu.

  1. Mangkuk Tembaga

Kerajinan tembaga yang satu ini dibuat dari bahan tembaga murni yang memiliki kualitas tinggi. Proses pembuatannya dengan cara ditempa secara handmade dan teliti. Mangkuk ini juga terdiri dari dua lapisan yaitu lapisan luas dan dalam. Produk bowl dan vase dari Satuma Kraf tersedia dalam bahan kuningan, tembaga, dan alumunium. Produk hiasan ini sangat menarik jika dijadikan sebagai hiasan ruangan atau tempat bunga plastik. Kamu juga bisa memesan ini dengan desain yang diinginkan dan sesuai ukuran, warna finishing, dan kombinasi bentuk.

  1. Kubah Masjid Tembaga

Kubah masjid dari tembaga dari Satuma Kraf telah terkenal di seluruh Indonesia. Hal tersebut karena produk kerajinan tembaga yang hasilkan berkualitas ekspor dan dikerjakan dengan tangan serta didukung oleh tenaga pengrajin yang berpengalaman. Kubah ini memiliki keamanan yang baik karena terdapat rangka besi sebagai bahan bakunya. Hasil karyanya juga memberikan kesan mewah dan megah pada bangunan masjid. Kubah masjid ini juga dibuat tahan terhadap cuaca apapun karena proses finishingnya dengan warna kimia logam sehingga awet dan tahan lama.

  1. Lampu Dinding

Lampu dinding menjadi kerajinan tembaga yang cocok untuk mengiasi dinding rumah kamu. Selain rumah, lampu ini juga cocok untuk hotel, villa, restoran, hingga kantor. Lampu dinding memberikan pencahayaan yang indah dan menambah nilai estetik ruangan agar lebih menarik dan hidup. Ketika kamu ingin membeli lampu dinding, haruslah perhatikan konsep ruangan dan jumlah lampu yang dibutuhkan. Di Satuma Kraf kamu bisa memesan lampu dinding dengan berbagai model yang tersedia atau bisa desain sendiri. Didukung oleh pengrajin yang berpengalaman, maka produk yang dihasilkan terjamin kualitasnya.

  1. Patung Tembaga

Satuma-Kraf.com menjadi salah satu pusat kerajinan patung yang baik. Patung yang dibuat dapat disesuaikan dengan ukuran yang dipesan. Mulai ukuran kecil sampai patung yang berukuran besar dan raksasa. Berbahan baku logam kuningan dan tembaga serta diproduksi oleh tenaga yang ahli membuat kualitas patung terjamin. Proses pembentukan dan pemahatan adalah 3 dimensi. Lekukan, pahatan, ukiran dan tingkat kehalusannya akan membuat patung 3 dimensi lebih terlihat seperti asli. Kebanyakan konsumen memesan patung dalam bentuk hewan, abstral, dan pahlawan.

  1. Guci

Guci menjadi benda antik yang sering menjadi koleksi atau hiasan ruangan. Biasanya akan dikombinasikan dengan bunga agar lebih menhidupkan suasana ruangan. Kerajinan tembaga bentuk guci ini sangat cocok untuk menghiasi apartemen, hotel, restoran dan rumah. Ada banyak variasi bentuk guci tembaga di Tiga Putra ini atau kamu juga bisa memesannya sesuai dengan keinginan. Mulai dari desain, ukuran, hingga detailnya.

Tips Pemasangan Kerajinan Tembaga

Ketika kita telah membeli atau memesan kerajinan tembaga, tentunya hal yang harus diperhatikan adalah pemasangannya. Pemasangan yang ideal dapat memberi kesan yang indah dan menambah nilai estetik dari suatu ruangan. Inilah tips untuk memasang produk dari tembaga atau kuningan.

  1. Lokasi

Lokasi mungkin dianggap menjadi hal yang biasa saja, namun dalam pemasangannya ternyata lokasi menjadi hal yang sangat menentukan. Perhatikan bentuk ruangan telabih dahulu karena lokasi menjadi penentu apakah nantinya kerajinan tersebut dapat menambah keindahan atau tidak. Letakan barang ditempat yang memungkinkan orang untuk bisa memandang dan dinikamti keindahannya.

  1. Konsep

Pilihlah konsep yang sesuai untuk desain dan motif kerajinan yang telah dipesan atau beli. Lihatlah interior ruangan yang lain, apakan barang tersebut cocok dengan konsep yang akan diaplikasikan.

  1. Ukuran dan Bahan

Pemilihan ukuran barang harus disesuaikan dengan tempat. Oleh karena itu sebelum memesan tentukan dahulu dimana barang tersebut akan dipasang sehingga nantinya sesuai keinginan. Tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Material yang dipilih juga sebaiknya dari bahan yang berkualitas karena untuk menghindari karat.

  1. Aliran Listrik

Pastikan untuk instalasi listrik terpasang dengan rapi dan baik. Hal tersebut berguna agar tidak merusak citra keindahan dari kerajinan tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai produk kerajinan tembaga yang marak dicari. Kini kamu bisa memilih bahan dan desain sendiri sesuai kebutuhan.